Sejarah Berdirinya SMK Negeri 2 Kudus

Posted on Posted in Lain-lain
SMK Negeri 2 Kudus berdiri sejak 15 Juli 2004 di kaki Gunung Muria tepatnya di desa Rejosari, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Pada awal berdirinya, sekolah SMK Negeri 2 Kudus merupakan SMK kecil yang masih tergabung menjadi satu dengan SMP Negeri 2 Dawe Kabupaten Kudus, dengan kepemimpinan oleh Bapak Drs. Bambang Irianto.

Kompetensi keahlian saat itu adalah Teknik Audio Video (TAV) dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) yang masing-masing mempunyai 1 rombel atau kelas. Sesuai kebutuhan masyarakat akhirnya pada tahun 2006 SMK Negeri 2 Kudus Menjadi SMK Besar. Dengan jumlah rombel masing-masing kompetensi keahlian 2 rombel. Pada tahun 2008 bertambah menjadi 3 rombel dan tahun 2009 menjadi 4 rombel untuk masing-masing Kompetensi Keahlian.

Kepemimpinan SMK Negeri 2 Kudus pada tahun 2006 oleh Drs. Sudirman, M.Pd berakhir tahun 2010.Sejarah kepemimpinan akhirnya dilanjutkan oleh Bapak Drs. Harto Sundoyo sampai sekarang, Pada masa kepemimpinan Drs. Harto Sundoyo, SMK Negeri 2 Kudus berkembang dengan pesat dengan dibangunnya infrastruktur dan peningkatan peralatan praktik.

Pada tahun 2011 Program Keahlian di SMK Negeri 2 Kudus bertambah satu Program Keahlian yaitu Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan ( TKJ ), walaupun merupakan Kompetensi Keahliann Baru, TKJ pada SMK Negeri 2 Kudus sudah memiliki peralatan praktik yang baik dan lengkap.

Pada tahun pelajaran 2011/2012 jumlah kelas mencapai 25 kelas. yaitu 4 kelas pararel dari kelas X, XI dan XII untuk Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video dan Teknik Kendaraan Ringan serta 1 kelas (rombel) untuk Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.

Dari tahun ketahun animo masyarakat terhadap SMK Negeri 2 Kudus semakin besar, terbukti dengan semakin meningkatnya pendaftar peserta didik baru. Yang mana kurang lebih 70 % pendaftar tidak tertampung di SMK Negeri 2 Kudus.
SMK Negeri 2 Kudus memutuskan untuk mengadopsi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 pada bulan Juli 2011 pada kepemimpinan Drs. Harto Sundoyo sampai sekarang dokumen mutu ini disusun dan ditetapkan.