smk2kudus@gmail.com (0291)-4101149 Ds. Rejosari Kecamatan Dawe kabupaten Kudus 59353

‘Uncal-Uncal’ Foto Karya Siswa SMK N 2 Kudus Sabet Juara III Tingkat Nasional

Kudus, Jawa Tengah, smkn2kudus.sch.id (14/4) SMKN 2 Kudus berhasil meraih juara 3 lomba foto dan artikel jurnalistik tingkat nasional kategori pelajar yang digelar oleh Kemendikbud RI.

“Alhamdulillah kami berhasil mendapat juara ketiga dengan judul karya Uncal – uncal. Kami mengambil foto ini sekira bulan November 2019 lalu dalam acara Pesona Desa Jurang. Acara tersebut tentang dolanan cilik”, ujar Abdul Kholiq Noor selaku guru pembimbing saat dihubungi, Jumat (25/9/2020).

Saat itu, lanjutnya, pihaknya bersama anak – anak dan tim mengambil foto objek dari beberapa sudut. Dan alhasil, murid kami Khafid Cahyanudin jurusan TKJ berhasil meraih juara.

Ia pun menyebut bahwa sebelum dinyatakan sebagai pemenang, ada 3 foto lain yang juga lolos 20 besar. Yaitu dengan judul Ndog – Ndog an, Belajar Online dan Jaranan. Namun demikian, atas keputusan dewan juri sehingga foto dengan judul Uncal – Uncalan lah yang layak lolos ke 3 besar.

“Ini merupakan tahun keempat kami mengikuti lomba ini. Yaitu dari tahun 2017 sampai dengan sekarang. Dan kami juga berhasil meraih juara berturut – turut”, ungkapnya.

Pengumuman Online oleh Kemendikbud
Pengumuman Online oleh Kemendikbud

Di tahun 2017 pihaknya berhasil menyabet juara 2 lomba foto dengan judul Yuk Belajar. Lalu di tahun 2018 berhasil menyabet juara 1 dengan judul Umbul Sarung. Sedangkan di tahun 2019 pihaknya sukses mendapatkan 2 penghargaan sekaligus yaitu juara 2 dan juara 3. Dan di tahun 2020 ini berhasil mendapatkan juara 3.

“Sebetulnya acara Uncal – Uncal di Desa Jurang tersebut merupakan sebuah permainan yang dilakukan oleh anak – anak saat sore hari menjelang waktu Maghrib maupun selepas Maghrib. Dalam permainan tersebut, anak – anak melepas sarungnya dan membentuk kolong – kolong”, jelasnya.

Sementara, Khafid Cahyanudin, pemenang lomba tersebut mengatakan terima kasih kepada pihak sekolah, Kepala Sekolah SMKN 2 Kudus Harto Sundoyo khususnya guru pembimbing lomba Abdul Kholiq Noor.

“Atas bimbingan, arahan dan semangat dari Pak Kholiq, foto dengan judul Uncal – uncal ini berhasil lolos juara 3 tingkat nasional”, ucapnya.

Khafid berharap atas kejuaraan ini, dapat memotivasi dan memacu semangat dalam berkarya. Serta dengan ini dapat mendongkrak generasi selanjutnya untuk ikut berjuang menghasilkan karya demi mengharumkan nama sekolah. Er/Red

Related Posts

Leave a Reply