Berita Sekolah

Umbul Sarung Karya Chandra Bagus Hariyadi Nakayuni Raih Juara I Nasional Foto Pendidikan dan Kebudayaan di Kemendikbud

Kudus, Jawa Tengah, smkn2kudus.sch.id (15/8) SMK N 2 Kudus lagi-lagi meraih prestasi di tingkat nasional. Kali ini dibidang fotografi jurnalistik. Salah satu siswanya bernama Chandra Bagus Hariyadi Nakayuni kembali sebagai juara dalam kompetisi fotografi kategori pelajar.

Chandra Bagus Hariyadi Nakayuni kembali sebagai juara dalam kompetisi fotografi kategori pelajar Kemdikbud, sebelumnya tahun 2017 ia juga memperoleh juara II dengan judul Yuk Belajar yang ia kirimkan. Dan tahun ini Chandra mendapatkan juara I dalam kompetisi fotografi kategori pelajar kemdikbut dengan judul yang berbeda yaitu Umbul Sarung.

Diungkapkan Kepala SMK N 2 Kudus Harto Sundoyo kemarin, prestasi tersebut menambah deretan penghargaan bagi sekolah yang berada di desa Rejosari, Dawe ini. Dan keberhasilan ini menandakan prestasi sekolah tidak hanya didominasi oleh prestasi di bidang akademik.

“Sekolah memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan bakat dan keterampilan. Sehingga pengembangan kualitas diri guru dan siswa mencakup di semua lini,” jelasnya.

Pengembangan bakat dan keterampilan siswa ada di bidang seni, olahraga, akademik, teknik, hingga Jurnalistik. Dan ini memberikan hasil yang cukup bagus bagi siswa untuk bersemangat maraih prestasi hingga tingkat nasional.

Sementara itu, Chandra Bagus Hariyadi Nakayuni mengungkapkan, ia mengirimkan foto berjudul Umbul Sarung ke panitia kompetisi foto Kemendikbud 2018. Foto tersebut merupakan foto yang ia kirim kedua kalinya di kompetisi foto Kemdikbud, tahun lalu ia juga mengirimkan foto berjudul Yuk Belajar kepanitia dan mendapatkan juara II.

“Waktu kami upload itu, narasi sama foto-foto peserta kompetisi yang lain juga bagus-bagus. Dan ini merupakan kedua kalinya kami ikut dalam kompetisi foto ini tahun lalu,” imbuhnya.

Namun, dewan juri memberikan penilaian yang membuat tim dari SMK N 2 Kudus. Chandra Bagus Hariyadi Nakayuni menang sebagai juara pertama. Chandra Bersama guru pembimbingnya Abdul Kholiq Noor, S.Kom mendapatkan ide secara bersama-sama.

“Kami memang fokus ke aktivitas sesuai tema. Dan setelah dicari ide, ketemulah ide seperti foto ini,” tambah Kholiq.

Foto ini menceritakan sekumpulan anak anak yang sedang bermain sarung. Mereka bermain sarung yang diumbul-umbulkan (dibuang keatas:Red) hingga membentuk slongsong. “Dari foto ini memberikan nilai bahwa perlunya berkonsentrasi dalam suatu hal, menentu ketepatan angin serta kekuatan menerbangkan sarung tersebut, serta perlunya kepercayaan diri,” tuturnya.

Pemenang lomba ini mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan sertifikat yang diberikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, MAP di Gedung Kihajar Dewantara, Plaza Insan Berprestasi. Lt.1 Kemedikbud hari ini Rabu, 15 Agustus 2018 pada pukul 19.30 WIB.

Pemberian penghargaan yang diberikan kepada para pemenang secara langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, MAP juga bisa dilihat TV Edukasi Kemendikbud. YL/Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *