Berita Sekolah

Ultah Teater Saka ke-8 Usung Tema “Masa”

Kudus, Jawa Tengah, smkn2kudus.sch.id  (5/3) Perayaan HUT Teater Saka SMK Negeri 2 Kudus yang ke-8 dirayakan di SMK Negeri 2 Kudus ruang A1.1 dan A1.2 pada hari Minggu (4/2) pukul 09.45 WIB hingga 13.40 WIB. Sebenarnya HUT teater Saka SMK Negeri 2 Kudus tepatnya adalah pada Minggu (25/2) akan tetapi terdapat beberapa hal yang tidak memungkinkan untuk dirayakan pada Minggu (25/3) karena banyak acara dan konsekuensi full day school itu memang persiapan untuk para panitia terlalu mepet.

Tema yang diusung dalam HUT teater Saka SMK Negeri 2 Kudus adalah masa, dimana masa itu terbentuk dari dua jam yang membentuk angka 8. Dimana angka 8 itu bisa berputar selama Saka ini berjalan. Perayaan ini dibuka tidak hanya untuk keluarga besar SMK Negeri 2 Kudus tetapi juga untuk umum, para alumni anggota teater Saka juga banyak yang berpartisipasi dalam acara ini.

Seperti acara-acara lainnya, acara pertama HUT teater Saka adalah pembukaan, kemudian sambutan dari Pembina Ektrakurikuler teater, Ima Yulia, dilanjut sambutan dari ketua panitia, Khoirul Anam, setelah itu pemotongan kue oleh Ima Yulia sebagai suatu simbolis untuk sebuah perayaan HUT Saka. Beberapa drama ditampilkan dalam HUT Saka ke-8 ini seperti stand up comedy, drama teater Tak Jadi-Jadi, drama teater Sang Putri Tidur, drama teater Usaha Tidak Pernah Sia-Sia, drama teater Crazy Story, dan persembahan dari sekamar. Dalam setiap penampilan para penonton meramaikan ruang A1.1 dan A1.2 dengan suara tawa ria mereka.

Tak hanya itu, beberapa anggota lainnyapun memeriahkan acara dengan bernyanyi, seperti Blueberry yang membawakan sebuah lagu berjudul Pikir Keri, duet alumni Saka Fido Gunawan bersama Inayatus Sa’idah menyanyikan lagu Bukti yang dipersembahkan untuk Ima Yulia. Blueberry juga menyanyikan sebuah lagu Bukti yang dipersembahkan untuk Ima Yulia sebagai ucapan terima kasih karena telah dengan sabar membimbing dan mengajarkan banyak hal di teater Saka. Selain mempersembahkan sebuah lagu, Blueberry memberikan beberapa tangkai Bunga Mawar Merah untuk Ima Yulia yang kemudian meneteskan air mata bahagia karena tidak bisa mengucapkan sepatah kata apapun.

Penampilan terakhir dari grup Tiga Setangkai yang menampilkan puisi diiringi dengan gaya Stand Up Comedy yang membuat seluruh penonton tertawa ria karena kelucuan mereka. Tiga Serangkai memberikan sebuah lukisan sketsa wajah Ima Yulia sebagai kejutan untuknya. Lagi dan lagi air mata Ima Yulia tak bisa terbendungkan lagi sehingga ia harus menangis untuk yang kesekian kali. Di sela-sela setiap acara yang ditampilkan juga dibagikan sebuah doorprize untuk setiap orang yang beruntung mendapatkan.

Persiapan dalam menyiapkan acara untuk HUT Saka ke-8 ini dilaksanakan selama 1 bulan. Dalam mempersiapkan acara ini terdapat kendala yang dialami seperti beberapa kelompok yang belum mempersiapkan ini itu, beberapa kelompok yang teks naskah dramanya belum selesai. Perbedaan acara HUT ini dengan HUT tahun lalu terdapat pada konsep, di tahun lalu menggunakan konsep tulisan Saka di tulis di kardus sedangkan tahun ini tulisan Saka di tulisa di kubus-kubus dan terlihat modern dan kekinian.

Harapan Ima Yulia untuk para anggota teater Saka adalah agar tetap selalu belajar dari kehidupan, semua yang diajarkan di Saka tidak hanya pelajaran untuk pikiran tapi juga untuk pelajaran perasaan. Baru kali ini  ia menangis 6 kali, Ima pikir rencananya tahun ini ia tidak menangis sama sekali, menangisnya terharu bahagia. Bahkan angkatan pertama datang dari luar kota bersama anaknya yang kebetulan nama anaknya itu Saka karena menurut dia Saka itu berkesan dan sampai diabadikan di nama anaknya.

“Buat teman-teman Saka bisa menjadi keluarga yang erat, bukan hanya pementasan di panggung, bukan hanya pertunjukkan di panggung, tapi dimana kita di belakang memiliki keluarga yang hubungannya erat.” Harapan Khoirul Anam selaku ketua panitia perayaan HUT Saka ke-8.

“Yang jelas untuk keluarga Saka dimanapun kita berada, buat pembaca semua, Saka-ku, Saka-mu, Saka kita” tutur Ima Yulia Arfiani, S.Pd. LS/Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *