Berita Sekolah

SMK N 2 Kudus Gelar Uji Kompetensi Keahlian Siswa

Kudus, Jawa Tengah, smkn2kudus.sch.id (19/2) Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. UKK terdiri dari Ujian Praktik Kejuruan yang umumnya diselenggarakan sebelum pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Teori Kejuruan yang merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan Ujian Nasional.

Ujian Praktik Kejuruan dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi dan perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Tempat-tempat uji kompetensi. Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai tempat uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi. Perangkat ujian praktik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersifat terbuka dan peserta uji dapat berlatih menggunakan perangkat ujian tersebut sebelum pelaksanaan ujian.

Uji Kompetensi Keahlian diikuti oleh seluruh Siswa kelas XII dari seluruh jurusan baik TAV, TKR, dan TKJ. Ujian kompetensi keahlian TAV dan TKJ dilaksanakan pada tanggal 19 Februari – 1 Maret 2018 sedangkan untuk ujian kompetensi keahlian TKR dilaksanakan pada tanggal 14 Februari – 5 Maret 2018 dengan jumlah siswa sebanyak 155 dari jurusan TAV, 152 siswa dari jurusan  TKR dan 155 siswa dari jurusan TKJ.

Ujian kompetensi keahlian tersebut dimulai pukul 07.00 WIB dan berakhir 17.00 WIB yang bertempat di laboraturium masing masing jurusan dengan penguji dari internal dan eksternal, penguji internal adalah guru dari dalam SMKN 2 Kudus Sedangkan Penguji eksternal datang dari luar SMKN 2 Kudus, salah satunya adalah Hadi Purwanto, Amd. (penguji TAV), Noor Shomim (dari BM.Karya Lestari penguji TKR), Choiril Anam (dari Karya Zirang penguji TKR), Ali Mujianto (dari PT Telkom penguji TKJ), dan Tisna Ali Wijaya (dari PT Telkom penguji TKJ).

“Untuk meningkatkan kompetensi siswa dilaksanakan uji kompetensi yang sesuai standar nasional sehingga bisa meningkatkan mutu dan tamatan yang diharapakan oleh dunia industri atau dunia usaha,” Tutur Drs. Harto Sundoyo, M.Pd selaku kepala SMK N 2 Kudus. FR/Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *