Berita Sekolah

Pupuk Mahabbah Kepada Rasulullah SAW SMK N 2 Kudus Adakan Peringatan Maulid Nabi

Kudus, Jawa Tengah, smkn2kudus.sch.id (7/12) Maulid Nabi Muhammad SAW kadang-kadang Maulid Nabi atau Maulud saja (Arab: مولد النبي‎, Mawlid an-Nabī), adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMK N 2 Kudus dilaksanakan hari ini Jumat (7/12) yang dimulai pukul 07.00 WIB. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diikuti oleh seluruh Bapak Ibu guru beserta siswa-siswi SMK N 2 Kudus. Peringatan Maulid Nabi Muhammad juga dimeriahkan oleh Rebana Bustanul Muhibbin SMK N 2 Kudus.

Pertama Acara Peringatan Maulid Nabi SAW dibuka oleh bacaan basmalah oleh pembawa acara M. lutfil Hakim diikuti seluruh Jama’ah Musholla SMK N 2 Kudus. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an oleh Hidayaturrohmah.

Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad pun berjalanjut dengan pemberian sambutan. Sambutan oleh Sutiyono, S.pd selaku WaKa Kesiswaa SMK N 2 Kudus.

“Harapannya ini adalah momen yang tepat umtuk beribadah dan mentauladani nabi muhammad SAW” , tutur Sutiyono dalam sambutannya.

Selanjutnya sambutan diberikan oleh Cintia Nafalia Zulfa sebagai Panitia. Setelah itu acara peringatan maulid berlanjut dengan Mauidah hasanah oleh K.H. Abdurrohman dari Kudus. Di dalam mauidzah hasanah beliau mengingatkan bahwa menjawab salam itu hukumnya wajib.

Beliau juga menyampaikan sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW dan juga menyampaikan barang siapa yang mau belajar sejarah nabi maka akan dimantabkan hatinya dalam memeluk agama Islam. Beliau juga menekankan bahwa dalam dunia pendidikan yang harus ditekankan yaitu pendidikan akhlak atau karakter.

Man laisa aladab ka addubab bahwa manusia yang tidak punya sopan santun tak lain adalah seperti lalat. Ujar K.H. Abdurrohman

Acara Peringatan Maulid Nabi Berakhir pukul 09.30 WIB dengan doa bersama yang dipimpin oleh K.H Abdurrohman dan qasidah dari Bustanul Muhibbin rebana SMK N 2 Kudus. FR/Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.