Berita Sekolah

Pemanfaatan Fingerprint Sensor Karya Siswa SMK N 2 Kudus Raih Juara 3 Pada Krenova 2018

Kudus, Jawa Tengah, smkn2kudus.sch.id (27/6) Pemanfaatan Fingerprint Sensor raih juara 3 dalam ajang Krenova 2018.

Penghargaan Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA) adalah bentuk apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah kepada para mitra dan inovator yang secara nyata mendukung dalam memajukan produk inovasi untuk masyarakat luas.

Krenova yang berlangsung mulai bulan Februari 2018 ini memiliki 8 kategori yang dapat diikuti antara lain kategori Agribisnis dan Pangan, Kelautan dan Perikanan, Rekayasa Teknologi dan Manufaktur Energi, Kesehatan obat-obatan dan Kosmetik, Kerajinan industri dan Rumah tangga, Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Pendidikan serta Sosial.

Aji Hidayatullah dan Adi Joko Ferdianto yang merupakan team KRENOVA 2018 SMK N 2 Kudus  yang dibimbing oleh Muhammad Iwan Prasetya, S.pd dan Aditya Widodo, S.Pd denganmemberi judul karyanya “Pemanfaatan Fingerprint Sensor”.

Fingerprint sensor yang termasuk kedalam kategori Rekayasa Teknologi dan Manufaktur Energi merupakan pengganti kunci rumah, dimana tidak ada kuncinya sama sekali sehingga cara membukanya ketika dari luar menggunakan fingerprint sensor yg sudah diprogram dengan sidik jari pemilik rumah atau yang dikehendaki. Jadi ketika sidik jari sesuai dan cocok  maka pintu otomatis bisa terbuka.

Fingerprint sensor yang memiliki keunggulan anta lain menghindari kejahatan pembobolan rumah,  menggunakan sidik jari sebagai sebagai kunci, memiliki kapasitas 1000 sampel sidik jari serta memiliki daya cadangan jikalau listrik padam.

“Perasaan saya sangat bangga bisa membimbing siswa untuk berkreasi sesuai dengan ide gagasannya sendiri dan terkesan bisa menjadi juara 3 di kategori pelajar atau mahasiswa walaupun belum bisa menjadi juara 1,” ujar Muhammad Iwan Prasetya, S.Pd.

Tambahnya, Lomba ini sangat membantu untuk menggali pemikiran individu maupun kelompok yang mempunyai gagasan untuk berkreasi dan menciptakan karya yang sangat berguna sesuai perkembangan jaman. YL/Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *