Berita Sekolah

“Mbah Suto” Karya Teater SAKA SMK N 2 Kudus Raih Juara 2 Dalam FLS2N SMK Tingkat BP2MK Wilayah II

Kudus, Jawa Tengah, smkn2kudus.sch.id (27/6) Teater SAKA SMK N 2 Kudus raih juara 2 dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMK tingkat BP2MK Wilayah II Selasa kemarin.

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dilaksanakan Selasa, 26 Juni 2018 kemarin di SMK N 1 Pati. Seleksi FLS2N SMK tingkat BP2MK Wilayah II ini meliputi 3 mata lomba antara lain: Tari Tradisional, Seni Teater, dan Film Pendek.

Juri seleksi FLS2N Teater SMK tingkat BP2MK Wilayah II Provinsi Jawa Tengah tersebut adalah Herdito Daru Wijanarko, S.Ds. Beliau adalah seorang praktisi seni teater dari Semarang.

Teater SAKA mewakili SMK N 2 Kudus di bawah bimbingan Ibu Ima Yulia Arfiani mengangkat naskah berjudul “Mbah Suto”. Dalam naskah tersebut terdapat tiga peran antara lain: Mbah Suto diperankan oleh Khoirul Anam XI TKJ 4, Mbah Syarif oleh M. Romdon Firdaus XI TKR 2, dan Mbah Mawardi oleh Hendrix Kurniawan XI TAV 4.

“Mbah Suto” adalah cerita asli dari daerah Padurenan Kudus yang mengisahkan tentang sebuah penghormatan kepada Mbah Suto yang berjasa atas pembangunan masjid sebagai pusat ibadah. Selanjutnya melestarikan tradisi Maulidan Jawiyyan dan terbang papat.

Diceritakan dalam penampilan Teater SAKA kemarin bahwa Mbah Suto merupakan cikal bakal penemu desa padurenan, di mana hal yang menarik perhatian juri saat penilaian yaitu ketika Mbah Suto sebagai pemeran utama berubah menjadi setan.

“Menurut saya, FLS2N Teater tahun ini adalah sebuah perjuangan. Siswa harus latihan saat berpuasa,” ujar Ibu Ima Yulia Arfiani, S.Pd. sebagai pembina sekaligus pelatih teater SAKA.

Tambahnya FLS2N teater SMK tahun ini dapat melatih siswa lebih kempetitif dan kreatif di bidang seni peran utamanya tentang olah rasa dan olah raga bagi para peserta seleksi FLS2N. EL/Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *