Berita Sekolah

Automatic Microbes Injection Karya Siswa SMK N 2 Kudus Sabet Juara 3 Lomba Karya Ilmiah Remaja PUSAIR 2018

Kudus,Jawa Tengah, smkn2kudus.sch.id (3/5) Dua siswa SMK N 2 Kudus gondol juara 3 dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja PUSAIR 2018 di Bandung 23 sampai dengan 25 April yang dimulai dengan pengiriman makalah tanggal 11 April kemarin.

Kali ini dalam rangka mengembangkan minat menulis terhadap karya ilmiah, menggali potensi intelektual dan kepekaan kritis terhadap kecintaan di Bidang Sumber Daya Air serta ikut berperan menyiapkan generasi muda yang berprestasi dan produktif, Puslitbang Sumber Daya Air, Balitbang Kementerian PUPR menyelenggarakan Lomba Karya Ilmiah (LKI) Bidang Sumber Daya Air (SDA) untuk Siswa SMA/SMK/MA Tingkat Nasional XI Tahun 2018 dengan tema “Wujud Pengelolaan Sumber Daya Air Berkelanjutan di Indonesia”. Sub tema pada Lomba Karya ilmiah ini adalah :
1. Teknologi Pengelolaan Sumber Daya Air Berkelanjutan;
2. Teknologi Konservasi Sumber Daya Air Berkelanjutan;
3. Teknologi Pengendalian Daya Rusak Air Berkelanjutan;
4. Teknologi Ketahanan Pangan Berkelanjutan.

Dwi Eka Prasetiyo dan Vina Dwi Ekfayanti dua siswi kelas XI jurusan Teknik Audio Video (TAV) SMK N 2 Kudus dibawah bimbingan Bapak Budi Susanto, S.Pd., M.Pd. Mengambil sub tema point ke tiga, yaitu Teknologi Pengendalian Daya Rusak Air Berkelanjutan.

Dengan Sub Tema tersebut Dwi Eka dan Vina Dwi membuat trobosan alat yang dinamai Automatic Microbes Injection. Alat tersebut merupakan alat yang digunakan untuk menginjeksikan mikroba pengurai tinja ke dalam septic tank secara otomatis sehingga mempercepat penguraian yang ada dalam septic tank, sehingga septic tank tidak cepat penuh.

Automatic Microbes Injection yang dirakit dari beberapa bahan antara lain Timer Digital, Tabung Detector, Counter Digital, Tabung Fermentor, Tabung Penginderaan Cairan, Pompa, Tabung Saving Microba Bakteri, Tabung Filter, Shacker serta Pompa Oksigen.

“Saya senang bisa membawa nama SMK N 2 Kudus sampai tingkat nasional ucapan terimakasih saya sampaikan kepada allah swt, Bapak Budi Susanto selaku pembimbing, dan pastinya orang tua yang slalu mendoakan kita dan tidak lupa juga keluarga besar SMK N 2 Kudus yg selalu mendukung. Dari lomba ini saya mendapatkan banyak wawasan dan banyak teman dari sabang sampai merauke sehingga saya bisa berkumpul dengan orang-orang yang cerdas,”ujar Vina Dwi Ekfayanti.

Kejuaraan KIR kali ini merupakan hadiah untuk SMK N 2 Kudus saat Hari Pendidikan Nasional. YL/Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *