Berita Sekolah

Ambalan Abiyoso dan Ratu Shima Gelar Penerimaan Tamu Ambalan

Kudus, Jawa Tengah, smkn2kudus.sch.id (23/8) Gerakan Pramuka Indonesia merupakan organisasi yang menjadi wadah pengembangan karakter dan proses pendidikan. Salah satu kegiatan bagi calon penegak yaitu Penerimaan Tamu Ambalan (PTA). Acara Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan ini ditujukan supaya siswa baru SMK Negeri 2 Kudus bisa mengenal Adat Pramuka SMKN 2 Kudus. Dalam kegiatan ini siswa dituntut untuk menjadi siswa yang kreatif dan tangkas, contoh dalam kegiatan ini adalah atraksi PBB.

Penerimaan tamu ambalan (PTA) ambalan Abiyoso ambalan Ratu Shima dilaksanakan hari ini Jumat (23/8) sampai Sabtu (24/8). Kegiatan PTA diadakan di lingkungan sekolah dan diikuti seluruh siswa kelas X baik jurusan Teknik Audio Video (TAV), Teknik Kendaraan Ringan (TKR) maupun Teknik Komputer Jaringan (TKJ) yang diikuti sekitar 430 peserta.

Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) yang kali ini mengambil tema Kreatif, Inovatif dan berkarakter yang rutin digelar sekali setiap tahunnya di awal tahun ajaran baru. Pelaksanaan PTA ini bertujuan sebagai wadah atau tempat pengenalan Pramuka bagi penegak dasar.

PTA dimulai dengan check-in barang bawaan pada pukul 14.00 WIB s/d 15.00 WIB. Selanjutnya kegiatan PTA di buka dengan upacara pembukaan. Upacara pembukaan dilaksanakan di lapangan utama SMK N 2 Kudus. Upacara pembukaan diikuti oleh seluruh peserta dan Kak Sutiyono, S.Pd selaku Kagudep dan pembina upacara. Upacara pembukaan dipimpin oleh Kholif.

Setelah kegiatan Upacara pembukaan sebagai simbolis dibukanya acara serta penyematan tanda peserta dilanjutkan dengan pemberian tata tertib serta pembagian ruangan dan seluruh peserta wajib mengikuti kegiatan yang telah diagendakan.

Usai PTA dibuka kemudian diisi dengan beberapa kegiatan dan pemberian beberapa materi, kegiatan  PTA pada malam hari usai sholat berjamaah dilanjut dengan upacara api unggun yang dimulai pukul 19.30 WIB.

Setelah upacara api unggun dilaksanakan acara selanjutnya yaitu pentas seni. Pentas seni diikuti dan dimeriahkan oleh seluruh peserta dengan penampilan setiap kelas tanpa terkecuali. Pentas seni ini bertujuan sebagai unjuk bakat dan kreativitas para peserta.

Sabtu pagi kegiatan diisi dengan senam pagi. Sebelum senam pagi dilaksanakan, para peserta PTA terlebih dulu melaksanakan sholat subuh berjamaah dan dilanjut kultum yang di isi oleh Kak Abdul Kholiq Noor, S.Kom.

Kegiatan senam pagi akan dimulai pukul 05.00 s/d 07.30 WIB . Senam pagi bersama akan dipimpin oleh Bantara dan di ikuti oleh seluruh peserta PTA. Kegiatan di hari terakhir akan dilanjutkan dengan kegiatan outbound dan bakti lingkungan.

Kegiatan tersebut berjalan dengan tertib dan sesuai dengan agenda yang telah dijadwalkan oleh panitia. Kegiatan PTA akan direncanakan berakhir pukul 15.00 WIB yang diakhiri dengan upacara penutupan oleh Kak Dhian Seputro, M.Pd selaku pembina upacara. PCY/Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.